FQDN (Fully Qualified Domain Name)



Fully Qualified Domain Name. Definisinya adalah nama lengkap yang valid untuk suatu host yang menentukan lokasi pastinya dalam suatu hirarki DNS. Bingung? Santai, memang teori agak sulit dipahami kalau belum ada contohnya.

Akan saya paparkan dibawah dengan misal sebuah mail server:

  • Nama Host: mail
  • Nama Domain: servernesia.com
  • FQDN: mail.servernesia.com

Sederhana kan? Mau anda anggap subdomain juga bisa. Tapi intinya FQDN itu mengarahkan ke resource spesifik yang terhubung ke internet.

Jadi mau dibuat vps.nama_domain.com juga bisa atau server.nama_domain.com atau moodle.nama_domain.ac.id, dan bahkan kotakajaib.nama_domain.com tidak dilarang juga. Yang paling penting valid, dan mungkin biar tidak bingung fungsinya bisa dipakai nama yang sedikit deskriptif.

Mengapa saya harus menggunakan FQDN dan bukan alamat IP server?


Dalam pekerjaan saya dengan server saya menemukan file konfigurasi di mana Anda harus memasukkan alamat ke server eksternal. Saya telah melihat beberapa menggunakan alamat IP server secara langsung, tetapi saya telah mendengar banyak rekomendasi untuk menggunakan nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat hostname (FQDN). Mengapa saya harus menggunakan nama host alih-alih alamat IP langsung?

Karena jika Anda menggunakan nama host maka Anda akan memerlukan server DNS lokal yang akan menautkan setiap nama host ke alamat IP. Apa kerugiannya antara menggunakan nama host atau alamat IP?

Menggunakan alamat IP memastikan bahwa Anda tidak mengandalkan server DNS. Ini juga memiliki manfaat mencegah serangan melalui spoofing DNS.

Menggunakan FQDN alih-alih alamat IP berarti bahwa, jika Anda memigrasi layanan Anda ke server dengan alamat IP yang berbeda, Anda akan dapat dengan mudah mengubah catatan dalam DNS daripada mencoba dan menemukan di mana-mana bahwa alamat IP digunakan. .

Ini sangat berguna ketika Anda memiliki banyak server dan layanan yang dikonfigurasi oleh banyak individu.


Sumber : https://servernesia.com/2811/apa-itu-fqdn/ , https://qastack.id/server/788862/why-should-i-use-an-fqdn-instead-of-the-servers-ip-address


FQDN (Fully Qualified Domain Name) FQDN (Fully Qualified Domain Name) Reviewed by ilham.sp on November 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Notice

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies.Learn More

Powered by Blogger.