Tipe - tipe CIO

20.8.15 Ilham S.Putra 0 Comments



Halo kali ini kita masih membicarakan mengenai CIO (Chief Information Officer), sila rujuk artikel berikut mengenai jabatan bagi manusia super satu ini. "CIO itu apa ?"
Baik ide random kali ini membahasa tipe-tipe dari seorang CIO, ada banyak penggolongan CIO, dengan kriteria dan indikator yang beragam pula tergantung dari sudut pandang mana yang dilihat penulisnya. Beberapa yang saya rasa relevan dengan penelitian saya, akan coba saya jabarkan berikut ini. 
Gotshack menggolongkan CIO menjadi dua tipe yaitu : CIO Figure Head, dan CIO Operasional, mirip dengan penggolangan Gotshack, EMC menggolongkan CIO menjadi : 
  1. CIO Strategic.
  2. CIO Operasional.
sedangkan Chris Curran sedikit berbeda dengan menambakan satu jenis golongan lagi yaitu "Transformational". Berdasarkan cara bekerjanya TIBCO menggolongkan CIO menjadi beberapa jenis berikut :
  1. CIO tipe Soldier = Focus pada implementasi.
  2. CIO Leaders of IT = menyelaraskan IT dan Bisnis.
  3. CIO Change Consultan = konsultan perubahan untuk proses bisnis
  4. CIO Transformator Leaders = beperan aktif dalam memimpin dan menjalakan transformasi bisnis.
Sama seperti TIBCO, Mike menggolongan CIO berdasarkan cara kerja namun menambahkan indikator Strategi dan tujuan yang ingin dicapai :
  1. Optimizer 
    Menyelaraskan bisinis dan IT dengan focus prioritas IT yang mendukung prioritas bisnis agar dapat berjalan maksimal, menentukan arsitektur yang tepat, simpel dan megurangi complexitas untuk menjalankan Service IT yang efektif. Mengimplementasi dan mengeliminasi solusi IT yang memungkinkan mengurasi pengeluaran yang tidak perlu, membawa solusi dan pelayanan ke pelanggan dengan biaya yang murah,
  2. Transformer
    Memahami, merealisasikan dan merekomendasikan solusi industri untuk memenuhi permintaan dari bisnis. Mengoptimalkan proses bisnis, mentransformasikan bisnis melalui optimalisasi proses bisnis dari kaca maa sudut pandang kebutuhan konsumen.
  3. Inovator
    Mengingkubasi rekomendasi dan melaksanakan solusi inovasi pada maslaah nyata bisnis.
Berbeda dengan pendapat sebelumnya Rahul Neel Mani meggolongkan CIO berdasarkan fokus dari seorang CIO :
  1. Fokus pada teknologi
    Menjaga teknologi uptudate sehingga memebrikan persahana keuntingan strategis, tipe ini adalah pilihan yang baik dalam jangka panjang.
  2. Fokus pada bisnis
    CIO tidak hanya berurusan dengan teknologi, sehingga pendidikan/keahlian tentang bisnis adalah skil dasar yang harus dimiliki, sehingga tujuan utama adalah kemana bisnis akan diarahkan dan bagaimana memanfaatkan IT untuk mendukungnya.
  3. Blended = campuran dari kedua nya.

0 komentar: